SELAMAT DATANG DI BLOG SH TERATE RANTING SUOH CABANG LAMPUNG BARAT: "CILIK ORA KURANG BAKAL, GEDHE ORA TURAH BAKAL; WATON TAK INGETI ISEH WUJUD MANUNGSO, TAK KEDEPI ORA ILANG, NJALUK OPO TAK LADENI"
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE BLOG KAMI: SELAMA MATAHARI MASIH BERSINAR DAN SELAMA BUMI MASIH DIHUNI MANUSIA SELAMA ITU PULA SH TERATE TETAP KEKAL JAYA ABADI SELAMA-LAMANYA

Monday, March 7, 2011

Makna Persaudaraan dalam Setia Hati Terate

Persaudaraan dalam Setia Hati Terate memiliki makna yang sangat mendalam di mana setiap anggota (warga) dalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki semangat persaudaraan itu yang tak kan pernah padam hingga akhir hayat. Namun sejauh mana kita sebagai warga SH Terate mengaplikasikannya? Aplikasi atau penerapan makna persaudaraan dalam SH Terate tertuang dalam kegiatan sehari-hari setiap kadang warga. Persaudaraan itu sendiri tidak terbatas oleh kalangan tertentu saja, sebab SH Terate bukanlah milik kalangan tertentu, tetapi milki semua kalangan, baik bangsawan, rakyat jelata, maupun pejabat. Lantas di mana sejatinya jiwa persaudaraan dalam SH Terate? Berikut sedikit uraian tentang persaudaraan dalam sudut pandang SH Terate.

Saudara, menurut sumber dasar katanya adalah se dan udara, artinya satu udara. Udara yang kita hirup sama dengan udara yang orang lain hirup. Dalam hal ini berarti persaudaraan adalah memiliki kesamaan persepsi tentang siapa saya dan siapa kamu (sopo ingsun lan sopo siro). Artinya bahwa persaudaraan dalam SH Terate tidak membeda-bedakan, apakah saya ini orang kaya kamu orang miskin, saya orang berpangkat kamu rakyat jelata, tetapi saya dan kamu adalah sama, yang terikat dalam satu ikatan dan komitmen yang kuat untuk saling mengakui satu sama lain sebagai saudara, untuk saling menghamat-hamati sebagai saudara. 
Kesaadaran akan makna persaudaraan dalam Setia Hati Terate sudah dibina sejak mulai masuk sebagai siswa. Tentu semua kadang warga pernah merasakan betapa jika salah satu rekan siswa bersalah, maka semua akan mendapatkan hukuman. Jika salah satu mempunyai makanan, misalkan sebuah pisang, maka semua harus kebagian. Jika salah satu siswa memiliki air walaupun satu botol kecil, maka semua harus kebagian.

Dari pembinaan dan pembentukan semangat persaudaraan inilah maka terbentuklah semangat persaudaraan yang kekal abadi, yang tidak akan pernah membeda-bedakan satu sama lain.

8 comments:

  1. salam persaudaraan dulur22 ku ....
    dari yusfi putra LOMBOK - NTB di Jombang Jawa Timur.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam persaudaraan Mas Yusfi Mansur. Saam persaudaraan dari Suoh, Lampung Barat.

      Delete
  2. ma kasih mas salam persaudaraan tuk saudara2ku yang ada di jombang, ma kasih kunjungannya........

    ReplyDelete
  3. malih kelingan jamane Siswa lur.. susah seneng bareng-bareng..
    salam dari Rayon SMKN 1 DOKO BLITAR..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam persaudaraan dari Ranting Suoh, Lampung Mas. Salam untuk dulur-dulur di Rayon SMKN 1 Doko, Blitar.

      Delete
  4. Replies
    1. Salam persaudaraan Maslur Arieks. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.

      Delete
  5. salam persaudaraan dari madiun kang

    ReplyDelete