SELAMAT DATANG DI BLOG SH TERATE RANTING SUOH CABANG LAMPUNG BARAT: "CILIK ORA KURANG BAKAL, GEDHE ORA TURAH BAKAL; WATON TAK INGETI ISEH WUJUD MANUNGSO, TAK KEDEPI ORA ILANG, NJALUK OPO TAK LADENI"
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA KE BLOG KAMI: SELAMA MATAHARI MASIH BERSINAR DAN SELAMA BUMI MASIH DIHUNI MANUSIA SELAMA ITU PULA SH TERATE TETAP KEKAL JAYA ABADI SELAMA-LAMANYA

Sunday, March 13, 2011

Ojo Seneng Pamer, Mundak Ilang Pamormu

Ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate adalah ajaran kehidupan, yang berkait dengan kehidupan. Oleh karena sebagai ajaran kehidupan, maka SH Terate tidak mengajarkan hal-hal yang di luar kehidupan. Apa yang disampaikan oleh para pelatih adalah yang pernah dialami oleh manusia. Banyak sekali sanepo (peribahasa) yang terus berulang disampaikan kepada para siswa, bahkan pun ketika sudah menjadi warga. Salah satu sanepo ndah itu adalah "Ojo seneng pamer mundak ilang pamormu" (Jangan suka pamer nanti malah hilang pamormu).

Ketika orang memamerkan apa yang ia miliki, memamerkan apa yang dikuasai, dan semua yang ada padanya, maka orang lain pun jadi tahu. Adalah yang menjadikan orang penasaran lagi sebab yang ia punyai dan miliki sudah diketahui oleh orang lain? 

Ingatlah bahwa sesungguhnya kehidupan di muka bumi ini bukan untuk itu. Kalau kita senang berpamer-pamer atas apa yang ada pada kita, perlu diingat kembali pepatah, "Di atas langit ada langit". Yaitu bahwa apapun yang kita miliki, sehebat apapun kita, masih ada yang melebihinya. Lantas bagaimanakah seharusnya kita? 

Tidak ada gunanya kita memamerkan apa yang ada pada kita, sebab itu tidak akan menambah nilai plus pada diri kita, tetapi justru malah menambah nilai negatif pada kita. Pamor (yang menjadikan orang segan terhadap kita) akan hilang. Orang tidak akan lagi memandang kita sebagai pribadi yang disegani, sebab mereka mengetahui pribadi kita yang suka pamer itu. 

Kesimpulannya adalah bahwa janganlah kita suka menunjukkan kehebatan, kepintaran, kekayaan, dan semuua kelebihan kita karena pada dasarnya itu adalah celah yang akan menjatuhkan kita. 

No comments:

Post a Comment